Senin, 03 Juni 2013

CARA MUDAH MEMBUAT KEFIR BENING


                            
Kefir, adalah pangan fungsional probiotik, terbuat dari susu yang difermentasikan dengan kefir grain yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial banteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat.
Kefir, berasal dari daerah Kaukasia, dan sekarang sudah menyebar keseluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Kefir bening, merupakan minuman ISOTONIK dengan kualitas super, karena paling sesuai dengan cairan tubuh manusia dan hewan pada umumnya.

Kefir bening, adalah minuman berkhasiat sapujagat, yang diolah dari haasil susu nonfat/berkalsium tinggi yang telah difermentasikan dengan kefir grains, yang kaya akan kandungan kalsium, karbohidrat, energi, protein, bakteri bermanfaat dan yeast/ragi.

Untuk penderta diabetes/gula, kefir ini sekaligus berfungsi sebagai asupan insulin, karena seperti kita ketahui, insulin yang digunakan oleh penderita-penderita dengan cara menyuntikan kedalam tubuhnya, juga berasal dari insulin sapi.

Seperti pada gambar disamping, adalah merupakan salah satu produk kefir bening yang biasa dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes/gula, dan telah banyak dibuktikan bahwa kefir ini bisa menurunkan kadar gula.
 
Cara membuat kefir bening / kefir prima, guampaaaang sekali, tidak memerlukan skill yang tinggi,  atau ilmu yang canggih, biasa-biasa saja laaah.
Cara-cara membuat kefir bening / kefir prima sebagai berikut :
a.    Bahan :
1)     Kefir grain / bibit kefir sebanyak 1 ons (100 gram)

                                          Kefir Grain atau bibit kefir 
2)    Susu sapi murni sebanyak 2 (dua) liter yang sudah dipasteurisasikan (sudah dipanaskan dengan suhu antara 85 s/d 90 derajat Celsius selama anatara 25 s/d 30 menit).
                                         Susu sapi murni yang akan dicampur denga kefir grain


 b.    Alat ;
1)    Keler / toples dari plastik atau dari kaca yang bisa mencukupi untuk proses fermentasi susu sebanyak 2 (dua) liter.
2)    Botol untuk meyimpan kefir bening
3)    Pengaduk/spatula dari bahan plastik.
4)    Saringan dari bahan stainless.
5)    Corong
c.    Cara kerja ;
1)    Pasteurisasikan susu muni sapi (panaskan dengan suhu antara 85 s/d 90 derajat Celsius selama antara 25 s/d 30 menit), lalu dinginkan sampai mencapai suhu kamar (kira 27-28 derajat Celsius).
2)    Campurkan susu yang sudah dipasteurisasikan dengan kefir grain pada toples plastik/kaca, aduk sampai rata, lalu tutup dengan penutupnya dan simpan dalam tempat yang gelap dengan suhu kamar (27-28 derajat Celsius) selama 48 jam.
 3)    Pada jam ke 24, campuran susu yang sudah dipasterisasi dengan kefir grain  sudah mulai berproses fermentasi, terlihat pada permukaannya ada yang menggumpal, lalu diaduk rata secara pelan, supaya bibit kefirnya tidak rusak, lalu tutup lagi dan simpan lagi pada ruangan yang gelap dengan kondisi suku kamar (27-28 derajat Celsius).
4)    Pada jam ke 48, campuran susu yang sudah dipasteurisasi dengan kefir grain, dapat dipanen dengan cara ;
a)    Pada campuran susu yang sudah dipasteurisasi dengan kefir grain, akan terlihat terpisah menjadi dua bagian, yaitu ;
v  Bagian atas yang merupakan bibit kefir (terlihat seperti berbusa tetapi agak padat) yang bisa digunakan kembali, untuk membuat kefir bening / kefir prima selanjutnya.
v  Bagian bawah yang bening agak kehijau-hijauan, itulah yag disebut kefir bening / kefir prima yang akan kita konsumsi dan banyak manfaatnya bagi tubuh kita.
Aduk saja sebentar, hal ini dimaksudkan untuk memberikan asupan pada bakteri-bakteri yang ada pada bibit kefir.
b)    Baru setelah diaduk, ya disaring, untuk memisahkan bibit kefir dan kefir bening/kefir prima, dan masukan kedalam botol untuk kefir bening/kefir prima serta masukan bibit kefir pada toples kue yang terbuat plastik/kaca yang kecil, lalu simpan pada Refrigerator atau kulkas dengan suhu kurang lebih 5 derajat Celsius
Kefir bening/kefir prima yang ada sudah bisa dikonsumsi.
Itulah cara mudah membuat kefir bening / kefir prima, mudah-mudah bermanfaat bagi yang tertarik dan berminat membuat kefir.

Dususun oleh : Agus Hermawan Apandi (Abah)\

Anda warga Bekasi dan sekitarnya, jika tertarik dan berminat mengetahui mengenai         Kefir “,  saya bisa membantu anda dalam hal bibit “kefir” dan susu sapi murni .

Informasi Lengkap, bisa menghubungi
Agus Hermawan Apandi (Abah)
d/a Komplek Perumahan Graha Indah Jl. Tinombala Blok C6/2 RT 04/RW 13
Kel. Jatimekar, Kec. Jati Asih Kota Bekasi
Atau
Bisa menghubungi 081383900546 atau kirim e-mail ke
agushermawanapandi@gmail.com

8 komentar:

  1. Pada bagian a kenapa hrs diaduk lagi ? kan kefir beningnya mau dipisahkan,,,

    BalasHapus
  2. Tulisan pada judul "CARA MUDAH MEMBUAT KEFIR BENING" itu dibuat sesuai dengan referensi yang saya lihat dari situs luar maupun dalam negeri, namun demikian setelah saya punya pengalalaman sekitar 6 (enam) bulan, ternyata ada pengalaman lain, dimana pada jam ke 48 itu, tidak lagi saya aduk, karena bibit kefirnya menjadi hancur, dan memerlukan penyaringan yang lama untuk mendapatkan kefir beningnya yang lebih banyak. Jadi saya tidak mengaduk lagi pada proses fermentasi pembuatan kefir bening pada ke 48 jam, tapi langsung diadakan pemisahan antara bibit kefir dengan kefir beningnya, dan ini sudah saya tuangkan dalam tulisan yang berjudul " CARA PRAKTIS MENDAPATKAN BIBIT KEFIR YANG BAIK " (bisa dilihat pada arsip blog bulan Oktober 2013. Terima kasih atas kritiknya, mudah-mudah bermanfaat bagi pembaca blog kefirbekasi.blogspot.com dan umumnya bagi pengguna kefir. Trims Abah.

    BalasHapus
  3. Di sosmed banyak yg bisa di buat masker wajah, yg saya tanyakan, mana bagian yg bisa di gunakan sebagai masker, dan mana bagian grain kefirnya sendiri pak.. Trimakasih

    BalasHapus
  4. Di sosmed banyak yg bisa di buat masker wajah, yg saya tanyakan, mana bagian yg bisa di gunakan sebagai masker, dan mana bagian grain kefirnya sendiri pak.. Trimakasih

    BalasHapus
  5. apa bedanya dalam pembuatan kefir bening (whey), kefir optima dan kefir prima, mohon penjelasannya pak

    BalasHapus
  6. apa bedanya dalam pembuatan kefir bening (whey), kefir optima dan kefir prima, mohon penjelasannya pak

    BalasHapus
  7. Apakah grain tidak rusak karna di panaskan

    BalasHapus