Kamis, 20 Juni 2013

BIBIT KEFIR



Bibit kefir terdiri atas granula (butiran) mulai seukuran biji gandum sampai dengan seukuran biji kenari.  Butiran-butiran itu tumbuh dari ukuran yang sangat kecil dan terus tumbuh sampai dengan ukuran yang paling besar selama inkubasi.  Sebanyak 50 gram butir kefir basah, dapat tumbuh menjadi dua kali lipat dalam 7 – 10 hari, jika dipindahkan ke dalam 500 mili liter susu segar enam kali seminggu.  Untuk menumbuhkan bibit kefir, dapat digunakan susu murni, susu skim, atau whei susu yang telah dinetralkan.
Butiran-butiran susu kefir terdiri atas mikro organisme yang dikelilingi oleh matriks berbentuk lendir yang terdiri atas gula polisakarida yang disebut kefiran (ini diproduksi oleh bakteri tertentu).  Bibit kefir juga terdiri atas campuran berbagai bakteri dan kamir (ragi),  masing-masing berperan dalam pembentukan cita rasa dan struktur kefir.
Species mikro organism dalam bibit kefir diantaranya Lactococcocus lactis, Lactobasillus acidophilus, Lactobasillus kefir, Lactobasillus kefirgranum, dan Lactobasillus para- kefir yang berfungsi dalam pembentukan asam laktat dari laktosa, serta Lactobasillus kefiranofacient berfungsi sebagai pembentuk lendir (matriks butiran kefir), Leuconostoc sp berfungsi membentuk diasetil dari sitrat dan candida kefir berfungsi sebagai pembentuk etanol dan karbon dioksida dari laktosa.  Selain itu, juga ditemukan Lactobacillus brevis dan kamir (Turolopsis holmii dan Saccharomyces delbrueckii).
Bibit kefir tidak bisa dikeringkan dengan pemanasan, karena sebagian mikro organisme di dalamnya akan mati.  Bibit kefir masih aktif , jika diawetkan dengan cara pengeringan beku (freeze drying).  Tapi cara terbaik penyimpanan bibit kefir adalah dengan cara memindahkan bibit kefir lama ke dalam susu yang sudah dipateurisasikan secara berkala, diinkubasi semalam dan disimpan dalam lemari es bersuhu 4 – 7 derajat Celcius, dan dalam kondisi ini bibit kefir tetap aktif selama kurang lebih sebulan.

Informasi Khasiat Kefir (Pengalaman)
1.    Dindin Rustama S.E (suami adik ipar saya di Batam) menceritakan, bahwa dia mengalami sakit diabetes/gula tinggi dan kolesterol tinggi hampir selama tiga tahun, tetapi setelah mengkonsumsi Kefir/kefir susu sapi (hampir selama 3 bulan), subhanallah bisa sembuh alias sehat seperti sedia kala.
2.    Agus Hermawan Apandi (saya/penulis), hampir 1 (satu) tahun mengalami pegal-pegal pada kali kiri dan kanan dan sakit pada persendian lutut,  sebagai akibat dari tingginya gula darah, asam urat dan kolesterol , tetapi setelah mengkonsumsi kefir (selama 3 minggu) subhanallah tidak terasa lagi yang pegal-pegalnya dan berangsur-angsur rasa sakit mulai berkurang..
3.    Ir. M. Sumanang, MM salah satu kawan dari Penulis, pada tanggal 12 Juni 2013 mencoba satu botol (500 ml) kefir, diminum setiap waktu mau tidur (kira-kira 100 ml) dan pada tanggal 17 Juni 2013, beliau memesan lagi kepada penulis, dan infonya mengenai kefir, enak dibadan dan pada waktu bangun di pagi hari tidak pusing kepala.
Insya Allah dengan perkenan Tuhan Yang Maha Kuasa, saya akan berikan inforrmasi saya yang berkaitan antara “kefir bening” dengan “penyakit saya”, atau kawan/rekan yang mengkonsumsi kefir, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca Blog “kefirbekasi.blogspot.com”

Disusun oleh : Agus Hermawan Apandi (Abah)
Referensi : www. kefirbening.blogspot.com
                    www.jayakefir.blogspot.com

Anda warga Bekasi dan sekitarnya, jika tertarik dan berminat mengetahui dan memesan mengenai “Kefir/Kefir Susu Sapi

Informasi Lengkap, bisa menghubungi
Agus Hermawan Apandi (Abah)
d/a Komplek Perumahan Graha Indah Jl. Tinombala Blok C6/2 RT 04/RW 13
Kel. Jatimekar, Kec. Jati Asih Kota Bekasi

Atau
Bisa menghubungi 081383900546 atau kirim e-mail ke
agushermawanapandi@gmail.com

1 komentar: