Rabu, 05 Februari 2014

KEFIR DAN KESEHATAN

Kata " kefir " berasal dari kata Turki " kemalasan " , yang secara harfiah dapat diterjemahkan dalam arti " menjadi enak perasaan ", bagi seseorang setelah meminumnyaDalam budaya tradisional telah dikaitkan dengan kekuatan penyembuhan untuk kefir selama berabad-abad , tetapi hanya baru-baru ini menjadi subyek penelitian ilmiah untuk menentukan nilai terapeutik yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apa itu Kefir ?
Kefir merupakan produk susu  fermentasi  yang berasal abad yang lalu   dipegu-
nungan Kaukasus , dan sekarang dinikmati oleh banyak budaya yang berbeda di seluruh dunia , terutama di Eropa dan Asia . Kefir ini dapat diproses dari susu hewan ruminansia , seperti sapi, kambing, atau domba. Hal ini sedikit asam dan berkarbonasi karena aktivitas fermentasi koloni simbiosis bakteri dan ragi yang membentuk " biji-bijian " digunakan untuk budaya susu ( biji-bijian tidak sebenarnya, tetapi matriks butir - seperti protein , lipid , dan gula yang memberi makan mikroba ) . Berbagai jenis mikrobiota menguntungkan yang terkandung dalam kefir menjadikannya salah satu makanan probiotik yang paling ampuh yang tersedia untuk dikonsumsi. Kefir juga dapat dikonsumsi oleh tua, muda dan anak-anak, bahkan bisa dikolaborasikan dengan obat-obat kimia (kalau keadaan terpaksa), tetapi harus ada jedah waktu minimal 2 jam, dan selanjutnya harus berusaha untuk secara bertahap mengurangi obat kemia dan secara rutin melanjutkan konsumsi kefirnya.


Selain mengandung bakteri yang sangat menguntungkan dan ragi , kefir merupakan sumber yang kaya berbagai vitamin , mineral dan asam amino esensial yang mempromosikan penyembuhan dan perbaikan , serta pemeli-haraan kesehatan umum .

Kefir mengandung tingkat tinggi thiamin , B12 , kalsium , folat dan Vitamin K2 . Ini adalah sumber yang baik dari biotin , vitamin B yang membantu tubuh menyerap vitamin B lainnya . Protein lengkap dalam kefir sudah dicerna sebagian , dan karena itu lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh . Seperti banyak produk susu lainnya, kefir merupakan sumber mi- neral seperti kalsium dan magnesium , serta fosfor , yang membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat , lemak dan protein untuk pertumbuhan sel , pemeliharaan dan energi.

Kefir memiliki efek positif pada usus dan kesehatan tulang.

Ini adalah probiotik kuat, yang terdiri dari kedua spesies bakteri dan ragi flora menguntungkan, dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit gastrointestinal . Hal ini juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan pencernaan laktosa pada orang dewasa dengan intoleransi laktosa .

Selain menyediakan usus dengan mikroflora simbiosis yang sehat , banyak penelitian juga menunjukkan sifat anti - jamur dan antibakteri kefir .


Bakteri tertentu strain dari budaya kefir telah ditunjukkan untuk membantu dalam mengobati radang dengan mengatur respon inflamasi dari sel-sel usus.

Seperti kita ketahui , vitamin K2 adalah salah satu nutrisi paling penting yang sangat kurang dalam diet Amerika .

Vitamin K2 adalah produk fermentasi bakteri , sehingga kefir merupakan kemungkinan sumber yang baik dari nutrisi ini , terutama jika dibuat dengan susu dari hewan merumput . 
Vitamin K2 memainkan peran penting dalam metabolisme kalsium , di mana ia digunakan untuk deposit kalsium pada lokasi yang tepat , seperti dalam tulang dan gigi , dan mencegah dari deposito di lokasi di mana itu bukan milik , seperti jaringan lunak dan arteri .


Karena kefir yang tinggi kalsium dan fosfor dan juga mengandung vitamin K2 , minum kefir mungkin bermanfaat untuk kesehatan tulang , menyediakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang serta vitamin K2 diperlukan untuk secara efektif menyimpan mereka mineral dalam tulang

Kefir memodulasi sistem kekebalan tubuh
Senyawa tertentu dalam kefir mung- kin memainkan peran dalam mengatur fungsi kekebalan tubuh , respon alergi ,dan peradangan. Satu studi mene- mukan bahwa kefiran, produk sam- pingan dari gula budaya kefir , dapat mengurangi peradangan alergi dengan menekan degranulasi sel mast dan produksi sitokin.  Studi lain menemu- kan bahwa bakteri tertentu dalam budaya kefir menghambat produksi IgE, membantu untuk memoderasi respon alergi tubuh . 

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kefir mungkin memiliki efek anti - tumor . Dalam sebuah penelitian , konsumsi kefir menghambat pertumbuhan tumor dan menginduksi apoptosis bentuk dari lisis sel tumor , menunjukkan kefir yang mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker.


Ketika dioleskan , kefir dan senyawa polisakarida yang bahkan telah terbukti efektif agen antimikroba dan anti - inflamasi untuk meningkatkan penyem- buhan luka.

Kefir,  jelas memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.  Anda mungkin tertarik pada minuman susu fermentasi ini dalam diet Anda . Susu sapi, kambing , atau domba adalah susu pilihan yang baik , dan segala jenis minuman kefir umumnya sangat rendah laktosa . Susu kefir mentah akan menjadi pilihan yang ideal untuk orang yang mencari kualitas gizi yang maksimal , tetapi mungkin menantang bagi kebanyakan konsumen untuk menemuka.

Membuat kefir sendiri di rumah

Mencari minuman kefir yang berkualitas  tinggi  di toko lokal Anda mungkin tidak menjadi pilihan untuk Anda . Dalam hal ini , Anda dapat membuat kefir sendiri di rumah . Membuat kefir adalah sangat sederhana , dan Cheeseslave memiliki posting blog pelajaran besar tentang bagaimana membuat kefir di rumah . Anda dapat membeli bibit kefir secara online di situs seperti kefirbekasi.blogspot.com atau situs-situs lainnya, dan asalkan Anda membudi dayakannya dilakukan secara baik dan benar, Insya Allah Anda akan mempunyai bibit kefir selamanya, dan bahkan akan bertambah banyak bibit kefirnya. Membuat kefir dari produk susu mentah sangat ideal , tetapi jika Anda tidak memiliki akses ke susu mentah , Anda dapat menggunakan organik susu penuh lemak , lebih disukai dari hewan diberi makan rumput . Bagi mereka yang tidak dapat mentoleransi setiap bentuk susu , kefir dapat dibuat dari santan , air kelapa , dan bahkan air hanya manis , yang akan memberikan banyak manfaat yang ditemukan dalam kefir susu.

Kefir merupakan sumber vitamin , mineral , probiotik , dan berbagai senyawa unik lainnya yang dapat sangat memberikan kontribusi untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan kesejahteraan . Saya sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi " kefir " ini dalam pengelolaan kesehatan anda.

Jika anda berminat dan merasa tertarik dengan kefir, sebaiknya mencari informasi dahuulu secara on line ataupun off line mengenai manfaat dan hal ihwal kefir dengan orang yang pernah atau sedang memanfaatkan kefir. Hal ini dimaksudkan untuk menimbulkan atau meningkatkan sugestivitas terhadap kefir, sehingga pada gilirannya sudah mendapatkan dan memanfaatkan kefir akan terasa manfaatnya.


Disusun oleh : Ir. Agus Hermawan Apandi (Abah)
Referensi      : www. chriskreser.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar