Selasa, 11 Februari 2014

KEFIR DAN KOLESTEROL

Kefir adalah minuman susu fermen- tasi yang semakin populer yang dan telah dikaitkan dengan berbagai man- faat kesehatan . Tidak seperti produk susu yang paling bagus. Kefir tidak banyak mengandung sejumlah nomi- nal kolesterol , dan dikonsumsi secara teratur, dimana produk kefir diperkaya dengan fitosterol dan stanol senyawa yang sebenarnya mengurangi jumlah low-density lipoprotein kolesterol. Untuk hasil terbaik, rekomendasi dari dokter Anda tentang dampak bahwa minum kefir mungkin pada tingkat kolesterol Anda yang besar kemungkinan rendah.


Jenis Kolesterol
Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid.  Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, tapi tetap bisa membahayakan kesehatan.

Kolesterol adalah zat lemak seperti yang terjadi secara alami di seluruh tubuh . Sementara untuk kesehatan pada umumnya, diet dan gaya hidup adalah merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda ke titik bahwa plak mulai terbentuk pada dinding arteri Anda. Tingkat tinggi kolesterol LDL - sering disebut sebagai kolesterol jahat - adalah penyebab utama serangan jantung dan stroke yang dikarenakan dari mempersempit arteri darah , menurut American Health Association . HDL , atau kolesterol baik , lebih tinggi kepadatan dan benar-benar dapat melindungi tubuh terhadap serangan jantung . Individu dengan kadar kolesterol HDL lebih rendah dari 40 mg / dL memiliki risiko lebih tinggi penyakit jantung.


Kolesterol adalah metabolit yang me- ngandung lemak sterol, yang ditemu- kan pada membran sel dan disirku- lasikan dalam plasma darah.  Merupa- kan sejenis lipid yang berbentuk molekul lemak atau yang menyeru- painya.  Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut streroid.  Steroid adalah lipid yang memiliki struktur kimia khusus.  Struktur ini terdiri dari atas 4 cincin atom karobon.



Sementara konsumsi produk susu umumnya dianjurkan bagi individu yang menderita kolesterol tinggi , kefir memainkan peran bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol LDL . Minuman kefir diperkaya dengan senyawa nabati fitosterol dan stanol tingkat yang lebih rendah kolesterol LDL dalam darah , menurut penelitian yang dikutip dalam " Los Angeles Times. " Meskipun konsumsi kefir  diperkaya juga mungkin memainkan peran menguntungkan pada menurunkan kolesterol, hasil penelitian telah  meyakinkan pada mereka tentang efek penurunan kolesterol, dengan mengkonsumsi  minuman kefir .


Tingginya  kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis koleste- rol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tu- buh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.  Kadar kolesterol yang  tinggi  dapat  diturunkan  dengan simvastatin, tetapi simvastatin memiliki efek samping mempercepat timbulnya Katarak  atau memperburuk Katarak bagi mereka  yang  sensitive  terhadap  obat ini,  oleh  karena itu sebaiknya gunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya dan telah ada Generiknya pula. Seorang dokter menyarankan konsumsi  bekatul  akan sangat baik bagi keseha- tan  dan  menurunkan  kadar kolesterol.[5] Sebenarnya Serat apapun (Oats, Sayur,  Buah)  akan  mengikat  sebagian   lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan (diet).

Dampak dan penyebab kolesterol yang tinggi

Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung.
Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang tersebut stres atau melakukan kegiatan fisik. Selain itu kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.
Jika tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
Selain itu, risiko penderita juga meningkat jika dia menderita hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke.
Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang berasal dari keturunan yang disebut sebagai familial hypercholesterolaemia (FH). Kadar kolesterol penderita kondisi ini tinggi meski telah mengonsumsi makanan sehat.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kadar kolesterol

Seseorang disarankan melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah jika dia kelebihan berat badan, mempunyai tekanan darah tinggi, berpenyakit diabetes, atau memiliki penyakit lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.
Diagnosis kadar kolesterol juga dian- jurkan jika seseorang memiliki kelu- arga dekat yang menderita penyakit akibat kolesterol, atau keluarga dekat yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular pada usia dini.
Bagi mereka yang pernah terdiagnosis memiliki penyakit jantung koroner, stroke kecil, atau penyakit arteri perifer juga akan disarankan melaku- kan pemeriksaan ini, agar bisa mengidentifikasi ada suatu yang mengganggu kesehatan kita, bisa ditanggulangi secara dini.

Cara mencegah atau menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang adalah langkah utama yang bisa dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kolesterol. Kandungan lemak dalam makanan harus rendah. Cobalah ganti konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta sereal gandum. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap rendah.
Gaya hidup sehat juga bisa dapat memberikan perubahan cukup besar. Contohnya adalah dengan tidak merokok atau segera mulai melakukan olah raga secara rutin.
Jika saran-saran di atas tetap tidak mampu menurunkan kadar kolesterol Anda dan risiko penyakit jantung tetap mengintai, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pengobatan dengan memberi Anda resep obat penurun kolesterol seperti simvastatin atau kapsul Garlic (kapsul bawang putih) seperti pada gambar atau minum kefir (kefir bening, kefir medika atau kefir optima) seperti di jelaskan pada awal artikel ini.

Demikian tulisan ini kami susun dan suntang sina sunting sini, tiada lain mudah-mudah bermamfaat bagi para pembaca blog ini. Terima kasih.



Disusun oleh : Ir. Agus Hermawan Apandi (Abah) / 0813 8390 0546
Referensi      : www. livestrong.com
                        www.id.wikipedia.org
                        www.alodokter.com

1 komentar:

  1. pak apa ndk ada artikel tentang kandungan kefir yang bisa mengikat kolesterol?
    misalnya suatu zat dalam kefir yang spesifik untuk menurunkan kolesterol...
    mohon bantuannya dan terima kasih...

    BalasHapus