Minggu, 25 Agustus 2013

SUSU SAPI MURNI/SEGAR


Fakta yang terkandung dalam susu
Mengkonsumsi  susu  dapat  menurunkan   resiko  stroke  dan  penyakit  jantung  bagi  pria.
Resiko hipertensi dua kali lebih tinggi pada pria yang  tidak  meminum susu dari pada yang mengkonsumsi susu.
Mengkonsumsi susu 3 gelas susu atau lebih dalam sehari sejak masih anak-anak sampai dewasa, maka ternyata me- ngurangi resiko kanker payudara pada usia 34 – 39 tahun.
Barangkali  pernah  mendengar  bila  terjadi  keracunan  aki- bat  logam  berat  atau  zat kimia, maka dianjurkan untuk mi- num susu supaya bisa menetralisir keracunannya.
Dianjurkan bila  sering  berkontak dengan zat kimia atau lo- gam   berat,  maka  sebaiknya  secara  teratur munum susu, khususnya susu segar.
Dalam serum susu (whey)  terdapat alfa-laktalbumin,  beta laktaglobulin   dan  laktoferin  yang   berfungsi mencegah kanker dan penyakit-penyakit lainnya

Kandungan Susu dan Manfaatnya ;
Demikian  pula  dalam  susu  terdapat berbagai macam kom ponen  lainnya  seperti  yodium, zeng,  dan  lesitin yang me ningkatkan  efisiensi  kerja  otak besar ; besi, tembaga,dan vita min A untuk kecantikan kulit ; magnesium untuk me- nyehatkan  otot  jantung  (mencegah  kelelahan) ; kalsium untuk kekuatan, mencegah patah tulang dan mencegah osteoporosis.
Susu sapi segar  mengandung cukup banyak vitamin B2 yang meningkatkan ketajaman penglihatan.  Dalam susu juga mengandung hormone melatonin yang dapat membuat manusia tidur nyenyak, sehingga sel-sel tubuh benar-benar istirahat untuk membantu dalam proses recovery sel.

Memiliki nilai tinggi karena kandungan gizi dalam susu dan asam amiminonya lengkap. Laktosa merupakan salah satu karbohidrat dalam susu yang berfungsi sebagai sumber tenaga dan membantu penyerapan mineral kalsium dan fosfor, untuk membantu dalam pem
bentukan tulang.

 
Kalsium menetralisir asam dalam mulut, se- sehingga tidak memicu kerusakan gigi.
Protein dalam susu dapat membantu per tahanan substansi tubuh, yaitu enzim hor- mon dan antibodi.  Lemak susu mengha- silkan energy serta vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak susu dan merupa- kan sumber vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh, terhadap infeksi serta mengandung mineral-mineral. 

Demikian sekilas informasi mengenai fakta, kandungan, dan manfaat susu sapi murni/segar untuk sebagai bahan pengetahuan, mudah-mudah bermanfaat bagi penggemar kefir khususnya, dan pengemar susu sapi murni/segar pada umumnya.


Disusun oleh : Ir. Agus Hermawan Apandi (Abah)
Referensi        : http://piakefir.blogspot.com


A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar