Selasa, 27 Agustus 2013

PANGAN PROBIOTIK



Dari hasil browshing pada salah satu situs, yaitu www.id.wikipedia.org pada fortal Wikipedia bahasa Indonesia, ensikopedia bebas, kata “ makanan “ dialihkan dari kata “ pangan

Makanan/pangan adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi.  Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata makan juga biasa dipakai. Istilah ini kadang dipakai dengan kiasan, seperti. “ makanan untuk pemikiran ".  Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri. 

Pangan yang berasal dari hewan dan tumbuhan

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikro-organisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organism lain/inangnya, beberapa contoh pada makanan supplement diet yang mengandung bateri barguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai.  LAB telah dipakai dalam industry makanan bertahun-tahun, karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat.  Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tetapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.

Probotik seringkali direkomendasikan oleh dokter, dan lebih sering lagi oleh ahli nutrisi, setelah pengkonsumsian anti biotik, atau sebagai bagian dari pengobatan candidiasis.  Banyak probiotik disediakan dalam sumber alami, seperti Lactobacillus pada yoghurt.  Ada yang mengklaim probiotik mampu meningkatkan system kekebalan tubuh adalah berupa bahan yang berasal dari hewan atau tumbuhan dimakan oleh manusia.

Pangan probiotik adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang mengandung micro organism hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain / inangnya.

Tipe probiotik ==
Bentuk yang paling umum dari probiotik adalah produk peternakan dan makanan probiotik. Bagaimanapun juga, tablet dan kapsul berisikan bakteri dalam kondisi dibekukan juga dapat ditemukan.

Beberapa probiotik umum meliputi berbagai spesies dari genera Bifidobacterium dan Lactobacillus seperti:
Bifidobacterium bifidum
Bifidobacterium breve
Bifidobacterium infantis
Bifidobacterium longum
Lactobacillus acidophilus
Lactobacillus casei
Lactobacillus plantarum
Lactobacillus reuteri
Lactobacillus rhamnosus
Lactobacillus GG
Ada pula satu spesies ragi yang digunakan sebagai probiotik:
Saccharomyces boulardii
Beberapa bakteri yang umum dipakai dalam produk tapi tanpa efek probiotik (bakteri yoghurt):
Lactobacillus bulgaricus
Streptococcus thermophilus
Beberapa bakteri lain disebutkan dalam produk probiotik:
Bacillus coagulans
Lactobacillus bifidus
Lactobacillus caucasicus

Beberapa produk fermentasi mengandung asam laktat bakteri yang mirip walaupun sering belum dibuktikan memiliki efek probiotik atau kesehatan termasuk:

Miso
Sup miso terbuat dari kedelai yang difermentasikan.  Anda dapat membeli pasta miso ini di supermarket yang menjual barang-barang import, terutama di bagian makanan Asia. 
Sup miso, adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditaambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa. Sup misa dinikmati dengan mannegangkat mamuk dan meminumn kuahnya.
Pada umumnya sup miso dihidangkan bersama nasi putih, sebagai menu sarapan pagi di banyak rumah-rumah di Jepang. Sup miso biasanya di makan dirumah, walaupun ada sup miso yang dihidangkan di warung atau restoran tradisonal Jepang (ryotei).
Supa miso merupakan masakan yang sangat sederhana dan sangat mudah disiapkan dalam waktu yang singkat.  Walaupun sup miso adalah masakan yang paling sederhana, rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi, dan keterampilan orang yang membuatnya.  Dalam hal ini kita bisa untuk mencoba membuat dan sekaligus nantinya merasakannya, dengan harapan dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kefir
Kefir adalah produk susu fermentasi yang terbuat dari susu murni dan bibit kefir dan banyak mengandung bakteri yang berguna bagi kesehatan manusia.

Kefir adalah pangan fungsional probiotik*, terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat.

Masyarakat Pegunungan Kaukasus sebagai tempat asal Kefir, yang terkenal memiliki umur sangat panjang, yaitu lebih dari 100 tahun, dipercaya bahwa benih Kefir diberikan kepada rakyat Kaukasus oleh Nabi Muhammad SAW., sehingga benih Kefir itu disebut “Butir benih dari Nabi” (The grains of Prophet). Kata Kefir berasal dari ‘kafur’ (air dari mata air di surga yang berwarna putih, harum dan sedap rasanya - Q,76:5-6).

Yogurt
Yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri  dan dapat dibuat dari susu apa saja, bahkan dari susu kacang kedelai. Bagi anda yang diet, pilihlah yogurt rendah lemak dan juga rendah gula.
Produksi modern pada saat ini didominasi dengan bahan susu dari susu sapi.  Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkana asam laktat yang ber4peran dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada produksi Yogurt.  Yogurt tersedia dalam beraneka macam rasa, seperti rasa alami/original, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.
Yogurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik kedalam susu di bawah temperatur dan kondisi lingkungan yang dikontrol, terutama dalam produksi industri.  Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asama laktat sebagai produk sisa.  Keasaman meningkat menyebabkana protein susu menjadi padat. Keasaman miningkat (ph 4-5) juga menghindari proliferasi bakateri patogen yang potensial. 

Sauerkraut dan Kimchi
Sauerkraut, adalah masakan asal Jerman berupa kubis yang difermentasikan, sedangkan kimchi adalah hidangan asal Korea yang juga diberi bakteri baik.  Keduanya srata vitamin dan dapat membantu meningkatkaan sistem kekebalan tubuh.
Kimchi adalah makanan taradisional Korea, salah satu jenis asinan sayuran hasil fermentasi  yang diberi bumbu pedas.  Setelah digarami dan dibersihkan/dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih dan bubuk cabai merah.  Sayuran yang paling umum dibuat untuk kimci adalah sawi putih dan lobak, dimana di Korea mengenai kimchi ini selalu dihidangkan diwaktu makan, sebagai salah satu jenis banchan yang palaiang umum.  Kimchi juga digunakan sebagai bumbu paada waktu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi dan berbagai masalakan lainnya. Kalau seperti di mkita di Indonesia, bisa dibandingkan dengan asinan yang ada di Bogor, yang menggunakan bahan sayuran dari sawi putih, dengan bumbunya agak kemerah-merahan.

Kombucha
Kambucha adalah jamur teh yang berasalah dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia.  Teh bersoda ini, merupakan minuman teh yang difermentasikan dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Pada tahun [[1914]] [[Bacinskaja]] menyata kan bahwa minuman ini efektif untuk kegiatan perut dan usus, khususnya pada bagian pembuangan. Ia menyarankan orang memi num segelas kecil sebelum makan dan meningkatkan takarannya secara berangsur-angsur untuk mendapatkan khasiat yang nyata dari minuman ini. Professor S. [[Bazarewski]] mengemukakan dalam suatu laporan di "Correspondence for the Asso ciation of Nature Researchers in Riga" (1915) bahwa penduduk berbangsa [[Latvia]] di Provinsi [[Rusia]] Baltic, yaitu di [[Livland]] dan [[Kurland]], mempunyai obat tradisional yang bernama "Brinum Ssene", yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "Jamur Ajaib". Penduduk Latvia menggambarkan jamur ini sebagai "kekuatan penyembuh yang ajaib untuk berbagai macam penyakit", sesuai dengan uraian Bazarewski. Beberapa orang yang ditanyai Bazarewski menyatakan bahwa jamur ini bisa menyembuhkan sakit kepala, tetapi yang lain juga menyatakan kepadanya bahwa "jamur ini sangat berguna dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit".

Demikian informasi mengenai istilah “ pangan probiotik “ dengan beberapa species bacteri probiotik, mudah-mudah bermanfaat adanya.


Disunting oleh : Ir. Agus Hermawan Apandi (Abah)
Referensi          : http://www.id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar