Rabu, 23 Oktober 2013

WANITA HAMIL DAN KEFIR

Kefir, adalah minuman kesehatan yang penting untuk diketahui dan tidak memiliki efek sampingan yang membahayakan.  Ada suatu hal yang penting mengenai kefir ini, yaitu pengaruh minum kefir pada perempuan, atau  bisa lebih dikhususkan lagi pada pengaruh minum kefir bagi wanita hamil atau ibu menyusui.

Beberapa manfaat kefir untuk Wanita Hamil.
Pertama, dapat  membersihkan saluran  pencernaan memastikan  bahwa  tidak  ada  isinya beracun  atau mengandung   patogen  dalam  makanan  memasuki aliran darah.   Seperti  flushes  mengeluarkan bakteri jahat dari usus, mengatur pencernaan, metabolisme, dan usus besar yang sangat efektif dalam mengobati diare,  sindrom  usus bocor  dan bahkan kanker usus besar.
Kedua,  mengatur   system  kekebalan  tubuh,  yang berarti  membuat  kita lebih tahan terhadap penyakit, dan  juga  dapat  berpotensi  mencegah / mengobati HIV/AIDS.   Sistem  kekebalan  tubuh adalah seperti gate  keeper  (pintu gerbang)  untuk kesehatan yang baik.   Apa  yang sebenarnya dapat kita lakukan untuk membentengi gerbang ini terhadap penyakit ?  Kalau mengambil dalam probiotik, yang ditemukan ada  dalam  minuman  kefir,  karena  dalam  minuman  kefir  banyak mengandung banteri-bakteri, enzym-enzym, vitamin-vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita.
Ketiga,  mengatur  kolesterol  dan  kadar gula.  Butiran kefir (kefiran) terdiri dari laktosa dan bakteri gula-makanan.   Ini  adalah  informasi yang baik bagi laktosa tidak toleran dengan penderita dibetes.   Probiotik  tidak  mudah  mati  dalam  usus.  Usus akan terus memanfaatkan laktosa dan gula yang masuk dan melewati saluran pencernaan.
Keempat, kefir telah diketahui oleh banyak orang, bukan hanya sekedar minuman kesehatan, tetapi juga sebagai minuman kecantikan, karena dapat membuat rambut dan kulit menjadi halus.  Dan karena menyeimbangkan kadar gula darah, juga merupakan minuman yang membantu menyeim-bangkan berat badan.
Kelima,  Kefir  dapat  mengobati  berbagai  penyakit dan  memperbaiki  kondisi kesehatan yang diantara- nya,  maag, TBC (Tuber Colluses), ekseem, depresi /tekanan jiwa, kecemasan,  osteoporosis, dan hiper- tensi/tekanan darah tinggi dalam rangka mendukung kesehatan yang baik.

Segala  sesuatu yang ada di dunia ini, ada sisi nega- tifnya,  tetapi  untuk  yang satu ini, yaitu kefir banyak sekali sisi posistifnya.   Apakah efek sampingan kefir dan  bagaimana  cara  supaya kefir  bermanfaat bagi wanita hamil. Ternyata banyak sekali manfaatnya untuk wanita/ibu hamil.
Keindahan  dengan  kefir adalah bahwa hal itu organik.  Ini hadiah dari alam dan dari Tuhan Yang  Maha Esa.   Dalam Al Qur ‘an surat Al-Insan ayat 5-6,  menggambarkan  bahwa  butir kefir sebagai air putih,  lembut  dan sangat bergizi, karena kefir adalah organik yang berasal dari alam,  dan  tidak  mengherankan bahwa kefir tidak memiliki efek samping yang memba-hayakan bagi tubuh kita.
Menyiapkan  kefir untuk minuman kita sendiri, juga melibatkan langkah-langkah alami, kare- na  kita  cukup  dengan  menambahkan butiran kefir (kefiran) pada susu murni secukupnya, biarkan butiran kefir berfermentasi dengan susu murni  dalam waktu yang cukup juga.

Berbicara  masalah  kefir,  ada suatu informasi yang sangat baik untuk para ibu rumah tangga,  Ahli  Kesehatan  Perempuan  merekomendasikan  Wanita Hamil  untuk  minum kefir, secara teratur.  Menurut Alyson  Lippman, RN  Ahli  Kesehatan Perempuan pada Unit Kerja Rumah  Sakit  Prentice  Wanita di Northwestern  Memorial  Hospital di Chicago, Ibu/Wanita Hamil  bisa  minum  kefir atau yoghurt untuk mencegah pertumbuhan berlebihan dari bak- teri  Group B Strep Beta.
Sementara  itu  Spesialis  Kesehatan  Wanita  lainnya “ Valerie Awal “,  mengatakan bahwa probiotik dalam  kefir, menyebutkan bahwa  kefir adalah bahan makanan berbasis alami untuk  menjaga  (probiotik)  dalam  usus,  karena  strain  specific acidophilus dan lactobacillus, benar-benar merupakan bakteri yang baik dan bermanfaat.
Valerie  Awal  mengatakan  juga,  ketika  orang  memanfaatkan  kefir  dalam    diet, mereka memanfaaatkan  suplemen  probiotik  atau  seluruh  suplemen  makanan  dengan  probiotik didalamnya,  dan  hal  ini  berdampak  juga  terhadap  penurunan  keluhan gatal-gatal pada vagina, insfeksi jamur dan masalah system kekebalan tubuh.

Kefir bukan obat atau minuman yang diproduksi secara kimiawi, tetapi sangatlah aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.  Asosiasi Nasional Kefir (National Kefir Assosiation) juga menyatakan bahwa kefir, aman dikonsumsi oleh kaum perempuan.
Lebih khusus lagi National Kefir Assosiation mengatakan, bahwa “ Wanita Hamil dan Ibu Menyusui “ disarankan untuk minum “ kefir “ untuk menyerap nutrisi penting, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormonal.

Demikian sekedar informasi, terutama bagi kaum ibu, baik ibu hamil ataupun ibu menyusui, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kehidupan selanjutnya. 


Kabar penting dan perlu dicoba untuk para Pasutri yang merasa was-was dan lama belum mendapatkan momongan. Informasi mengenai kefir yang dapat menyuburkan kandungan dan akhirnya salah satu pasangan pasutri mendapatkan buah hatinya (anak), setelah mengkonsumsi kefir.


Ini informasi langsung dari anak keponakan saya (Asep) di Tasikmalaya (Jawa Barat), pada waktu kami (Agus Hermawan Apandi Skl.) bersilaturahmi Hari Raya Idhul Fitri 1435 H/2014, yang tadinya punya penyakit maag kronis bertahun-tahun dan dari perkawinannya sudah hampir 3 (tiga) tahun lebih, belum dikarunia momongan (anak), ternyata setelah mengkonsumsi kefir, maagnya yang kronis tidak kumat lagi dan yang teristimewa, istrinya terlambat bulan alias hamil, dan sekarang alhamdulillah, anaknya sudah lahir (perempuan) yang sehat dan lucu.


Disusun/diterjemahkan oleh : Ir. Agus Hermawan Apandi (Abah)
Referensi                              : www.BenefitsOfKefir.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar